Masih Tentang Taman Nasional Baluran

Hai gaes, masih tentang baluran πŸ˜€

Pulang dari savana, kita numpang nge-charge hp ditempatnya penjaga resort trus kita tinggal ke cottage. Aku masih sempet main air dipantai bama sebelum mandi, pengennya sih renang.. tapi waktunya gak cukup huhu..Oiya harusnya kita checkout siang, tapi karna petugas resortnya baik hati.. jadi kita checkout jam setengah 4. Kita pesen ojek 3, tapi baru ada 2.. jadinya aku yang dianter duluan ke savana bekol untuk manggil ranger lain yang mau nganterin sampai ke pintu gerbang batangan. Aku dianter mas agus ke savana bekol, disepanjang jalan banyak satwa disavana.. dan mereka gak lari denger suara motor, kata mas agus, memang aktivitas satwa di savana itu kalo pagi sama sore jadi pada keluar semua deh.

Diperjalanan ini aku ngobrol banyak sama mas agus, mulai dari satwa liar, burung merak, ular cobra sampai penangkaran banteng. Ternyata mas agus ini adalah salah satu petugas di penangkaran banteng jadinya aku dianterin ke penangkaran banteng, sekalian katanya hehe karena ranger yang mau nganterin masbule ada dipenangkaran banteng itu. Yeeeaaay aku ketemu banteenggg di penangkaran πŸ˜€ . Diceritain sama mas agus kalo awalnya banteng dipenangkaran ini ada 3, didatengin dari TSI. Sekarang udah jadi enam gaes! Tiap banteng disini punya nama lho, Jantan yang paling gede namanya Doni, ada yang juga yang namanya susi dan tina atau nana. Mas agus juga cerita kalo awal pas dipindahin kesini, petugas harus super hati-hati karena bantengnya belum kenal.. tapi sekarang pas udah kenal ya baik-baik aja hehe.. bener kata pepatah tak kenal maka tak sayang πŸ˜€

penangkaran banteng TN Baluran
penangkaran banteng TN Baluran
doni - dipenangkaran banteng
doni – dipenangkaran banteng

Penangkaran banteng ini gak jauh dari savana bekol gaes, kalian tinggal jalan kaki sekitar lima menit dari pos penjagaan. Kalian akan ketemu susunan tengkorak rusa sebelum sampai penangkaran, hampir sama dengan tengkorak banteng yang di savana bekol tapi beda content hehe. Disekitar penangkaran banyak rumput liar yang tinggi-tinggi jadi kesannya “runggut”. Penangkaran ini merupakan program konservasi breeding semi alami, jadi nantinya anak-anak banteng ini akan dilepas di Taman Nasional Baluran.

tengkorak rusa - gunung baluran
tengkorak rusa – gunung baluran

Setelah puas ketemu banteng dan nunggu miss ain sama mas bule, kita lanjutin perjalanan ke gerbang batangan. Perjalanan dari savana bekol ke gerbang masih jauh gaes, 16KM.. kita harus ngelewatin evergreen yang panjang dan gelap, banyak jeglongan, rumahnya macan kumbang haha.. Mas agus sempat cerita tentang macan yang ada di evergreen hewannya pemalu banget, cuma beberapa kali kelihatan. Macan disini pemangsa lutung gaes, dan mereka gak doyan monyet nakal kaya yang ngejar miss ain kemaren haha.

 
Oke, kita sampai di gerbang batangan jam setengah 6 kalo ga salah… nah disini kita mulai beda tujuan. Miss ain sama masbule mau ke kawah ijen tapi mampir ke stasiun dulu, sedangkan aku mau ke benculuk. Sama petugas TN Baluran, kita disarankan naik bus kecil biar bisa langsung ke stasiun dan ke benculuk. Kita nunggu bis sambil resah gelisah sampe akhirnya sekitar jam 7an kita baru dapet bus, dan bukan bus kecil jadi kita harus turun di terminal ketapang dan pindah naik angkot.

pelabuhan ketapang - sedikit lagi sampai bali
pelabuhan ketapang – sedikit lagi sampai bali

Kita sampai di stasiun banyuwangi baru sekitaran jam setengah 9 malam dan udah gak mungkin ke benculuk, karna udah ga ada kendaraan umum, ngeri juga sendirian malem-malem, gak tau arah dan bisa jadi sampe sana tengah malem huhu.. Jadi aku memutuskan untuk cari penginapan dideket stasiun bwi baru. Waktu miss ain ngurus pembatalan tiketnya, aku keluar stasiun dan nanya penginapan terdekat ke bapak parkir. Aku langsung dianter ke penginapannya sama pak parkir, berasa beruntung banget aku, alhamdulillah. Pas ngelihat kamarnya langsung cocok dan harganya juga cocok, trus aku balik ke stasiun lagi. Ternyata miss ain ga jadi berangkat ke ijen malem ini, mundur sehari. Jadinya kita bertiga nginep di penginapan dekat stasiun.

stasiun banyuwangi baru
stasiun banyuwangi baru

Kereta Sri tanjung berangkat dari stasiun banyuwangi baru jam 6.30 gaes jadi jam 6 lebih dikit aku udah pamitan sama miss ain dan penjaga penginapan, trus jalan ke stasiun. Sampai di stasiun rogojampi, naiklah midut dan dek jeje. Bersyukur banget tempat duduknya bisa deketan padahal belinya dadakan banget dan kebetulan gerbong satu sepiii gaes jadi dek jeje bisa leluasa jalan-jalan, main, tidur. Diperjalanan pulang ini aku sama sekali gak ngerasa bosen karna bisa main-main sama dekjeje, bantuin midut jagain jeje.. walaupun cuma beberapa menit ahaha.. Jeje lagi seneng2nya jalan kaki, jadi pengennya jalan-jalan terus didalem kereta, emaknya yang capek haha

 
Setelah seharian di kereta, kita berpisah di stasiun klaten karna midut dan jeje turun di stasiun klaten, sementara aku turun di lempuyangan. Akhirnya sampai jogja gaeeessss, alhamdulillah banget! Keretanya tepat waktu, jadi sampai stasiun pas jam 19.30. Yaaa jadi itu tadi cerita singkat panjang lebar perjalanan ke jember dan taman nasional baluran hehe.. Sesuai janji, ini detail pengeluaran selama perjalanan kemaren gaes
1. Tiket kereta Sritanjung PP ——————–> Rp. 195.500
2. Bus dari Tanggul ke Terminal jember ——-> Rp. 8.000
3. Angkot dari Terminal Jember ke Arjasa —-> Rp. 10.000
4. Bus dari Arjasa ke Terminal Situbondo —–> Rp. 15.000
5. Soto di Terminal situbondo ——————> Rp. 16.000
6. Bekal makanan ——————————–> Rp. 32.500
7. Bus dari Terminal situbondo ke Baluran —> Rp. 15.000
8. Tiket masuk baluran ———————– –> Rp. 15.000
9. Mobil dari pintu gerbang ke BAMA ———> Rp. 200.000/3 = Rp. 70.000
10. Cottage pantai bama 1 Malam ————–> Rp. 200.000/3 = Rp.70.000
11. Nasi Tampong + teh anget ——————-> Rp. 21.000
12. Ojek dari cottage ke pintu gerbang ———> Rp. 50.000
13. Bus dari pintu gerbang – terminal ketapang> Rp. 15.000
14. Angkot dari terminal ke stasiun bwi baru –> Rp. 10.000
15. Penginapan di dekat stasiun bwi ————> Rp. 75.000/2 = Rp. 40.000

Jadi gaes, buat kalian yang mau ke baluran.. kalo ga ada acara di jember mending langsung turun di stasiun banyuwangi baru trus tinggal naik angkot dan naik bus ke baluran. Oiya untuk pemesanan cottage kalian bisa lihat di web resminya disini http://www.balurannationalpark.web.id/ kalo aku kemren pesen cottagenya dengan telepon ke bapak Triadi, contactnya ada di web itu tadi. Untuk contact penginapan deket stasiun banyuwangi baru ini gaes, namanya Penginapan Pak Achmad (082330444662).
Oiya recomended dateng ke TN Baluran pas musim panas, jadi bener-bener semuanya kering kaya afrika, biasanya di bulan-bulan agustus-november. Kata petugas TN Baluran, bulan-bulan itu musim kawin merak, jadi akan ada banyak merak yang mengembangkan ekornya.

Merci Beaucoup! sampai jumpa di cerita selanjutnya πŸ™‚

Sehari di Taman Nasional Baluran

Ini lanjutan dari cerita sebelumnya ya gaes..
Jadi setelah insiden tokek itu, aku langsung tidur karna udah capek banget. Pas aku udah ketiduran nih, aku denger suara tokek kenceng banget dari celah dinding tadi. Kayanya tokeknya udah keluar. Jadi lega setelah tau kalo itu ternyata tokek dan makin nyenyak tidurnya. Sempet kebangun sekali, keadannya bener-bener gelap banget. Listrik udah mati, dan miss ain udah ada disebelahku.
Aku nyalain alarm jam setengah lima pagi, niatnya mau sholat subuh dan nungguin sunrise di depan cottage. Alarmnya sempet aku snooze sekali atau dua kali, baru beneran bangun, wudhu dan sholat subuh. Sempat aku bangunin miss ain, tapi dia tidur lagi karna masih gelap dan akhirnya aku memutuskan untuk keluar duluan.

sunrise di Taman Nasional Baluran
sunrise di Taman Nasional Baluran

Waktu nungguin sunrise ini, suasananya hening tapi ramai. Pantainya gak berombak jadi hanya terdengar kecipak air sesekali saja, tapi ada kicauan burung yang ramai banget mengawali pagi di baluran. Gerombolan monyet mulai keluar dari dalam hutan dan menyebar di pepohonan pinggir pantai, bahkan didepan pintu cottage ada banyak monyet. Sayang mataharinya ketutup awan, tapi tetep cantik kok hehe. Kata petugas TN Baluran, memang akhir-akhir ini lagi sering mendung, jadi sunrisenya sering ketutup awan.

Coba deh kalian dengerin suara dari videonya, nikmati dan bayangkan suasananya… bayangin kalo kalian mengawali pagi dengan susasana seperti itu.. Buatku, itu salah satu nikmat yang luar biasa karena gak setiap hari aku punya pagi seperti itu. Pagi ini, selain melihat gerombolan monyet di pinggir pantai, ada elang juga yang terbang diatas pantai dan ada satu hewan sempet bikin aku takut, mau kabur, mau ngumpet karna suara kepakan sayapnya keras banget. Bunyi kepakan sayapnya ..hwek… hwek.. hwek.., terbangnya gak tinggi, ukuran tubuhnya gede, lebih gede daripada ayam jago, warnanya item, dia terbang dari pepohonan belakang cottage kearah selatan dan aku hanya diam terpana hahaha..

resort bama
resort bama

Kemaren malem waktu sampai di resort ini, penjaga resortnya bilang kalo disebelah selatan ada hutan bakau dan disebelah utara ada pantai kahona. Jadi sekarang saatnya ke hutan bakau dan pantai kahona! Jujur ya gaes, sebenernya agak takut pas mau berangkat ke hutan bakau, karena aku sendirian, abis foto sunrise miss ain balik tidur lagi dan masbule juga belum bangun daritadi. Akhirnya dengan kekuatan bulan, aku berangkat sendiri ke hutan bakau.


Resortnya masih sepi banget, penjaganya juga belum ada yang keluar. Dari cottage aku jalan kaki kearah selatan, gak ada petunjuk arah atau tulisan tentang hutan bakau. Tapi ada jalan setapak yang kanan kirinya ada patok kayu. Aku ikutin jalan setapak itu, sambil lihat kanan kiri depan belakang, barangkali ada ular ato apa hehe.. Diatas banyak monyet yang lompat dari pohon satu ke pohon yang lain. Selang beberapa menit, mulai kelihatan mangrove trailnya. Sepiiiiiiiii bangeeeetttt gaes, kalo ditanya “gak takut des?” jawabannya, ya takutlah! tapi diberani-beraniin hahaha… selalu bilang dalam hati “tenang ada Allah” πŸ˜€


Di hutan bakau ini banyak ikannya gaes, sempet aku kaget gara-gara suara kecipak ikan. Sempet ketemu gerombolan ikan cucut dan sempet ketemu burung kecil warna biru muda, cantik pokoknya. Mangrove trail baluran ini gak panjang, diujungnya kalian bisa liat selat bali. Sempet mau kecebur gara-gara fotonya terlalu minggir keselatan haha.. langsung istighfar berkali-kali wkwkkwkwkk..

jalan setapak menuju mangrove trail
jalan setapak menuju mangrove trail
mangrove trail - start
mangrove trail dimulai dari sini gaes – bismillah
mangrove trail TN Baluran
mangrove trail TN Baluran
ada burung kecil warna biru
ada burung kecil warna biru
ujung mangrove trail
ujung mangrove trail
ujung mangrove trail - dilihat dari tengah
ujung mangrove trail – dilihat dari tengah

Setelah selesai foto-foto diujung mangrove trail, aku balik ke cottage. Niatnya mau ngajak miss ain berenang. Nah pas jalan balik, didepan resort ada penjaga yang lagi nyapu-nyapu.. sekalian aku nanya..
D: “Pak, kalo mau snorkling harus diantar pakai boat atau gimana pak?”
B: “Wah kalo mau diantar pak boat mahal mbak, apalagi kalo sendiri”
D: “Berapa kalo mau diantar pakai boat?”
B: “400 mbak, kalo rame-rame jadi lebih murah mba”
D: “Wih mahal ya 400 pak”
B: “Iya mbak, mbaknya snorkling sendiri aja, dari sini jalan agak ketengah”
D: “Woh gapapa pak renang sendiri?”
B: “Ya gapapa mbak, renang aja”
D: “oke pak, makasih ya” dalam hati bilang, nanti kalo tenggelem gak ada yang nolongin dong…
Selesai ngobrol, aku duduk dipinggir pantai depan resort, main ayunan, foto-foto, foto ikan, main air di pantai bama dan jalan kaki ke pantai kahona. Pantai kahona ini letaknya pas disebelahnya pantai bama, bedanya.. di pantai kahona ada banyak batu-batu hitam.

Pantai kahona - TN Baluran
Pantai kahona – TN Baluran
Pantai kahona - sisi selatan
Pantai kahona – sisi selatan
Sisi selatan pantai kahona - detail
Sisi selatan pantai kahona – detail

Untuk menuju ke pantai kahona, kalian hanya perlu ikutin jalan setapak yang ada diutara pantai bama. Kesan perjalanannya beda dengan hutan bakau, lebih terang jalan ke pantai kahona dibanding dengan jalan ke hutan bakau. Pantainya lumayan luas dan sepiiiiiii gaes… tapi hati-hati kalo mau foto diatas batu karena batu-batuannya licin, aku sempet kepleset sekali. Di pantai kahona ini, aku denger suara satwa yang mirip banget sama suaranya piko (owl piaraan waktu jaman kuliah). Aku jadi penasaran banget sama suara ini, karena TN Baluran salah satu habitatnya si piko eh strix seloputo. Aku cari-cari sumber suara itu, aku ikutin sampe basah-basahan tapi tetep aja gak ketemu 😦 … Akhirnya aku balik lagi ke cottage.

pantai bama dilihat dari pantai kahona
pantai bama dilihat dari pantai kahona

Sampai di cottage, miss ain sama masbule udah bangun dan kita langsung siap-siap mau ke savana bekol. Setelah ganti sepatu, siapin air minum dan bekal buat dijalan, kita berangkat ke savana bekol jalan kaki! Tiga kilo jalan kaki gaes… Waktu lewat depan resort, ada penjaga yang lagi diluar, sekalian deh kita mau pastiin rute ke savana, ternyata tinggal ikutin jalan aja πŸ˜€ . Oiya petugasnya sempet kasih tau ke kita, kalo mau lihat burung kita harus masuk ke area burung, jadi nanti keluar dari pantai bama, lihat disebelah kiri ada portal kecil, nah itu jalan masuk ke area burung, susurin aja jalannya sampai ujungnya di mata air mati.
Keluar dari pantai bama, ada banyak monyet di kanan kiri jalan dan mereka lagi makan sesuatu, entah buah atau kacang-kacangan tapi yang jelas, kita gak boleh kasih makan. Setelah beberapa langkah, ketemu itu portalnya dan kita bertiga masuk ke kawasan burung. Perjalanan ini bener-bener masuk hutan, jalan setapak kecil, basah, kanan-kiri semak belukar, pohon-pohon tinggi dan buanyak nyamuuukkk. Banyak monyet yang lompat dari dahan satu ke dahan yang lain. Ada pohon yang melintang dijalan, jadi kita harus lompatin. Trus ada pohon yang daunnya kaya kipas gitu yang agak nutupin jalan, ada beberapa burung kecil.

jalan setapak - area burung
jalan setapak – area burung
sebenernya diatas ada burung rangkong
sebenernya diatas ada burung rangkong – tapi lensa kameranya gak sampai gaes 😦

Waktu kita sampai agak ketengah hutan, baru kelihatan ada sekitar 5 atau 6 burung rangkong diatas pohon yang lompat-lompat dari dahan satu ke dahan lain. Kalo kalian bawa lensa tele, ini surga banget gaes! Sayangnya aku gak punya tele, jadi ya gak sampai fotonya :(. Setelah lihat rangkong, kita masih jalan keselatan lagi sampai ujung. Kita memutuskan balik karna jalannya buntu, ketutup sama ranting dan dahan pohon, padahal diselatan itu keliatan ada bangunan semacam pos penjagaan gitu dan disepanjang jalan setapak ini ada jejak ban motor. Pas balik menuju jalan utama, kita ketemu tupai liar dan burung warna orange. Miss ain sama masbule sampe lari ngejar burung itu, sementara aku diem doang hehehe..

hutan banget area ini
hutan banget area ini

Jarak dari pantai bama ke savana bekol sekitar 3KM, jalannya terjal berbatu. Disepanjang jalan ini banyak satwa liar, ada monyet, burung dekuku , rusa, kerbau dan merak! Setelah setengah jam jalan kaki, kita berhenti istirahat sambil minum. Nah paskita jalan lagi, aku lihat ada 2 burung merak lari kearah utara, langsung deh miss ain dan masbule lari ngejar sementara aku nunggu dipinggir jalan. Aku gak sanggup lari, dan pasti gak bakal kekejar hahaha.
Setelah ngejar burung merak, kita lanjutin perjalanan. Akhirnya gunung baluran kelihataaannnn… ini berarti savana bekol udah deket gaes! Kalo ga salah miss ain lari lagi, ngejar kerbau liar diikutin sama masbule.. aku ngelihat dari jauh dan nunggu mereka balik. setelah mereka balik, kita foto bertiga didepan gunung baluran. Jadi mereka inilah masbule dan miss ain yang nemenin aku ke baluran gaes πŸ™‚

jalan panjang menuju savana bekol
jalan panjang menuju savana bekol dari pantai bama
rumah pohon dekat savana
rumah pohon dekat savana
gunung baluran
gunung baluran

Oiya kalian perlu tau kalo savana ini merupakan habitat ular cobra putih, jadi harus hati-hati banget kalo masuk ke savana. Tapi kata petugas TN Baluran, ular cobra putih kebanyakan keluar pas musim panas, saat rumput-rumput menguning dan savana kering. Satu lagi, hati-hati sama monyet. Kami kemarin dikejar monyet gara-gara miss ain mau ambil charger di tasnya. Monyet ini gak segan-segan untuk menyerang gaes, tasnya miss ain sempet digigit sampe robek. Nah pas dikejar monyet ini, aku gak sengaja lihat ular hijau diatas patok kayu. Ularnya kecil, tapi ngeri juga aku pas fotoin.. takut kalo dia tiba2 terbang ke arahku.

ular hijau - savana bekol
ular hijau – savana bekol
savana bekol - dengan gunung baluran dibelakangnya
savana bekol – dengan gunung baluran dibelakangnya
tempat paling mainstream se-baluran
tempat paling mainstream se-baluran

Akhirnya kita sampai di savana bekol, setelah satu setengah jaman kita berjalan kaki. Di savana bekol ini ada resort juga gaes, ada pos penjagaan, menara pandang dan kantin. Karna kita udah laper banget, jadi kita ke kantin, makaaaaannn. Aku pesen nasi tampong, untuk ukuran tempat wisata, harganya masih standar gaes. Nasi tampong ini isinya, nasi, ayam goreng, ikan asin, sambel, lalapan, dan terongΒ goreng. Sambelnya mantepp bangettt gaesss! Oiya miss ain pesen mie goreng, harganya ga jauh beda dengan migoreng yang dijogja.

nasi tampong
nasi tampong

Selesai makan, kita lanjut ke menara pandang. Tempatnya gak jauh dari kantin itu. Disamping pos penjagaan, ada jalan setapak berundak-undak gitu.. itu jalan ke menara pandangnya. Dari menara pandang ini, kalian bisa liat dengan jelas, gunung baluran, savana bekol, kawanan rusa, kawanan kerbau sampai pantai bama. Lebih asik lagi kalo kalian bawa teropong gaes!

jalan ke menra pandang
jalan ke menra pandang
gunung baluran dari menara pandang
gunung baluran dari menara pandang
savana bekol - dari menara pandang
savana bekol – dari menara pandang
jalan pulang ke pantai bama
jalan pulang ke pantai bama – dari menara pandang
jalan pulang beneran
jalan pulang beneran

Setelah puas dengan menara pandang, kita memutuskan untuk turun dan balik ke cottage. perjalanan kita masih panjang, 3 KM lagi, jalan kaki lagi. Nah diperjalanan pulang ini kita ketemu burung item yang badannya lebih gede daripada ayam jago, yang mirip sama yang aku lihat dibelakang cottage. Kali ini kita ngejar bertiga, tapi tetep miss ain yang paling jauh ngejarnya hahaha, sayangnya kita ga bisa ngelihat tampak depan dari satwa itu.
Kita berhenti, istirahat lagi ditempat yang sama. Ngelurusin kaki, ngobrol, minum… dan lanjut jalan kaki lagi. Dijalan kita ketemu sama petugas patroli TN Baluran, bapak-bapak gitu. wih rasanya pengen banget minta anter sampai ke pantai bama, karna udah sakit banget kakinya haha.. Bapak itu bilang kalau, dipohon besar dekat pantai bama ada julang mas. Nanti berhenti aja disitu, barangkali julang masnya masih ada. Kita bertiga mah iya-iya aja.. padahal kita gak tau julang mas yang kaya gimana πŸ˜€
Pas sampai dideket pantai bama, julang mas nya udah gak ada.. :(. Kata petugas resort, tadi ada julang mas, tapi sekarang udah pergi..
Perjalanan pulang dan pengeluaran di post selanjutnya ya gaes.. ini udah panjang banget

Ps: semua dokumentasi milik pribadi