Masih Tentang Taman Nasional Baluran

Hai gaes, masih tentang baluran πŸ˜€

Pulang dari savana, kita numpang nge-charge hp ditempatnya penjaga resort trus kita tinggal ke cottage. Aku masih sempet main air dipantai bama sebelum mandi, pengennya sih renang.. tapi waktunya gak cukup huhu..Oiya harusnya kita checkout siang, tapi karna petugas resortnya baik hati.. jadi kita checkout jam setengah 4. Kita pesen ojek 3, tapi baru ada 2.. jadinya aku yang dianter duluan ke savana bekol untuk manggil ranger lain yang mau nganterin sampai ke pintu gerbang batangan. Aku dianter mas agus ke savana bekol, disepanjang jalan banyak satwa disavana.. dan mereka gak lari denger suara motor, kata mas agus, memang aktivitas satwa di savana itu kalo pagi sama sore jadi pada keluar semua deh.

Diperjalanan ini aku ngobrol banyak sama mas agus, mulai dari satwa liar, burung merak, ular cobra sampai penangkaran banteng. Ternyata mas agus ini adalah salah satu petugas di penangkaran banteng jadinya aku dianterin ke penangkaran banteng, sekalian katanya hehe karena ranger yang mau nganterin masbule ada dipenangkaran banteng itu. Yeeeaaay aku ketemu banteenggg di penangkaran πŸ˜€ . Diceritain sama mas agus kalo awalnya banteng dipenangkaran ini ada 3, didatengin dari TSI. Sekarang udah jadi enam gaes! Tiap banteng disini punya nama lho, Jantan yang paling gede namanya Doni, ada yang juga yang namanya susi dan tina atau nana. Mas agus juga cerita kalo awal pas dipindahin kesini, petugas harus super hati-hati karena bantengnya belum kenal.. tapi sekarang pas udah kenal ya baik-baik aja hehe.. bener kata pepatah tak kenal maka tak sayang πŸ˜€

penangkaran banteng TN Baluran
doni - dipenangkaran banteng
doni – dipenangkaran banteng

Penangkaran banteng ini gak jauh dari savana bekol gaes, kalian tinggal jalan kaki sekitar lima menit dari pos penjagaan. Kalian akan ketemu susunan tengkorak rusa sebelum sampai penangkaran, hampir sama dengan tengkorak banteng yang di savana bekol tapi beda content hehe. Disekitar penangkaran banyak rumput liar yang tinggi-tinggi jadi kesannya “runggut”. Penangkaran ini merupakan program konservasi breeding semi alami, jadi nantinya anak-anak banteng ini akan dilepas di Taman Nasional Baluran.

tengkorak rusa - gunung baluran
tengkorak rusa – gunung baluran

Setelah puas ketemu banteng dan nunggu miss ain sama mas bule, kita lanjutin perjalanan ke gerbang batangan. Perjalanan dari savana bekol ke gerbang masih jauh gaes, 16KM.. kita harus ngelewatin evergreen yang panjang dan gelap, banyak jeglongan, rumahnya macan kumbang haha.. Mas agus sempat cerita tentang macan yang ada di evergreen hewannya pemalu banget, cuma beberapa kali kelihatan. Macan disini pemangsa lutung gaes, dan mereka gak doyan monyet nakal kaya yang ngejar miss ain kemaren haha.

Oke, kita sampai di gerbang batangan jam setengah 6 kalo ga salah… nah disini kita mulai beda tujuan. Miss ain sama masbule mau ke kawah ijen tapi mampir ke stasiun dulu, sedangkan aku mau ke benculuk. Sama petugas TN Baluran, kita disarankan naik bus kecil biar bisa langsung ke stasiun dan ke benculuk. Kita nunggu bis sambil resah gelisah sampe akhirnya sekitar jam 7an kita baru dapet bus, dan bukan bus kecil jadi kita harus turun di terminal ketapang dan pindah naik angkot.

pelabuhan ketapang - sedikit lagi sampai bali
pelabuhan ketapang – sedikit lagi sampai bali

Kita sampai di stasiun banyuwangi baru sekitaran jam setengah 9 malam dan udah gak mungkin ke benculuk, karna udah ga ada kendaraan umum, ngeri juga sendirian malem-malem, gak tau arah dan bisa jadi sampe sana tengah malem huhu.. Jadi aku memutuskan untuk cari penginapan dideket stasiun bwi baru. Waktu miss ain ngurus pembatalan tiketnya, aku keluar stasiun dan nanya penginapan terdekat ke bapak parkir. Aku langsung dianter ke penginapannya sama pak parkir, berasa beruntung banget aku, alhamdulillah. Pas ngelihat kamarnya langsung cocok dan harganya juga cocok, trus aku balik ke stasiun lagi. Ternyata miss ain ga jadi berangkat ke ijen malem ini, mundur sehari. Jadinya kita bertiga nginep di penginapan dekat stasiun.

stasiun banyuwangi baru

Kereta Sri tanjung berangkat dari stasiun banyuwangi baru jam 6.30 gaes jadi jam 6 lebih dikit aku udah pamitan sama miss ain dan penjaga penginapan, trus jalan ke stasiun. Sampai di stasiun rogojampi, naiklah midut dan dek jeje. Bersyukur banget tempat duduknya bisa deketan padahal belinya dadakan banget dan kebetulan gerbong satu sepiii gaes jadi dek jeje bisa leluasa jalan-jalan, main, tidur. Diperjalanan pulang ini aku sama sekali gak ngerasa bosen karna bisa main-main sama dekjeje, bantuin midut jagain jeje.. walaupun cuma beberapa menit ahaha.. Jeje lagi seneng2nya jalan kaki, jadi pengennya jalan-jalan terus didalem kereta, emaknya yang capek haha

Setelah seharian di kereta, kita berpisah di stasiun klaten karna midut dan jeje turun di stasiun klaten, sementara aku turun di lempuyangan. Akhirnya sampai jogja gaeeessss, alhamdulillah banget! Keretanya tepat waktu, jadi sampai stasiun pas jam 19.30. Yaaa jadi itu tadi cerita singkat panjang lebar perjalanan ke jember dan taman nasional baluran hehe.. Sesuai janji, ini detail pengeluaran selama perjalanan kemaren gaes
1. Tiket kereta Sritanjung PP ——————–> Rp. 195.500
13. Bus dari pintu gerbang – terminal ketapang> Rp. 15.000
14. Angkot dari terminal ke stasiun bwi baru –> Rp. 10.000
15. Penginapan di dekat stasiun bwi ————> Rp. 75.000/2 = Rp. 40.000

Jadi gaes, buat kalian yang mau ke baluran.. kalo ga ada acara di jember mending langsung turun di stasiun banyuwangi baru trus tinggal naik angkot dan naik bus ke baluran. Oiya untuk pemesanan cottage kalian bisa lihat di web resminya disini http://www.balurannationalpark.web.id/ kalo aku kemren pesen cottagenya dengan telepon ke bapak Triadi, contactnya ada di web itu tadi. Untuk contact penginapan deket stasiun banyuwangi baru ini gaes, namanya Penginapan Pak Achmad (082330444662).
Oiya recomended dateng ke TN Baluran pas musim panas, jadi bener-bener semuanya kering kaya afrika, biasanya di bulan-bulan agustus-november. Kata petugas TN Baluran, bulan-bulan itu musim kawin merak, jadi akan ada banyak merak yang mengembangkan ekornya.

Merci Beaucoup! sampai jumpa di cerita selanjutnya πŸ™‚