Berangkat ke Taman Nasional Baluran

Hai.. Udah lama ga nulis cerita 😀
Kalian pasti pernah denger “Taman Nasional Baluran” kan…
iya yang terkenal dengan sebutan “Afrika van java” itu. Kali ini aku mau ceritain ke kalian gimana perjalanan kesana, semenarik apa taman nasional baluran, sampai total uang yang keluar. Jadi gaes, sejujurnya aku pengen ke taman nasional baluran ini udah dari tahun 2013, jaman-jaman masih kuliah. Tapi baru kesampaian kemaren maret 2017. Selama jeda hampir 4 tahun itu aku takut berangkat sendiri dan gak mencoba nekat :(. Sampai akhirnya datenglah undangan nikahan dari jendi. Jendi ini salah satu sahabat dari jaman kuliah. Nah resepsi pernikahannya di Jember jadi aku harus dateng ke Jember. Yang ada dipikiranku pas dapet undangannya, aku besok ke jember nih, masa iya aku ga sekalian ke baluran?
Aku mulai nyari temen ke baluran nih, tapi tetep kondangan dulu ke jember baru dari jember ke baluran. Agak susah nyari temen, sempet ragu, takut, galau.. mikir aneh-aneh.. masa iya sendiri banget ke jember sama ke baluran? tar kalo salah naik bus gimana? tar kalo tersesat? tar kalo dijahatin? tar kalo diculik… berbagai macam pikiran campur aduk. Apalagi aku sama sekali gak tau jalur bis dari jember ke baluran.
Oke setelah ngajakin sekian banyak orang, akhirnya ada satu yang mau nemenin aku kondangan ke jember dan sekaligus ke baluran. Temenku yang satu ini namanya miss ain, dia dulunya teacherku les private bahasa inggiris dan dia suka banget ngebolang (jadi bocah ilang 😀 ). Jadi waktu aku tanyain “miss mau ga temani aku kondangan ke jember dan main ke baluran?” dia langsung jawab mau. Berasa ajaib gitu karna langsung mau haha..

Rencana awalnya kaya gini gaes, sabtu pagi berangkat dari lempuyangan naik kereta sri tanjung (jam 7 pagi), turun di stasiun Tanggul karna kita mau kondangan dulu jadi sabtu malem nginep dirumah jendi. Minggu pagi sampai siang, kita kondangan. Selesai kondangan sekitar jam 2, kita naik bus ke terminal jember. Dari terminal Jember naik bus ke Situbondo. Dari terminal Situbondo naik bus jurusan Banyuwangi dan turun di pintu gerbang taman nasional baluran (batangan). Perkiraan sampai di baluran malam sekitar jam 8, tidur di cottage pantai bama (kita udah pesan 10 hari sebelum kedatangan). Senin full dari pagi sampai sore dibaluran. Abis magrib rencananya kita naik bus ke banyuwangi (daerah benculuk) mau nginep di rumah midut (midut ini salah satu sahabat dari jaman SMA). Barulah selasa pagi balik jogja naik sri tanjung.

Itu rencana awal gaes, tapi kenyatannya ga bisa sama persis kaya yang direncanain. Sepuluh hari sebelum keberangkatan, aku pesan cottage di pantai bama by phone sekalian nanya jalur bus dari jember ke taman nasional dan estimasi waktunya. Kata pak Triadi, jarak Jember – Baluran kalo naik bus umum bisa ditempuh sekitar 4jam. Jadi kalo aku berangkat dari Jember jam 3, sampai di Baluran paling telat jam 8.

Sabtu 18 Maret 2017, jam 7 pagi aku dan miss ain berangkat ke Jember naik sri tanjung. Kita didalam kereta sekitar 10 jam. Kadang ngobrol seru, kadang tidur, kadang makan, kadang bosen dan kita sempet ke kereta makan karena kita ga bawa bekal makan besar. Aku cuma beli pop mie, miss ain beli nasi ayam kecap.. yang rasanya gak enak dan harganya 22ribu haha. Saranku kalo kalian gak bawa bekal, dan pengen beli makan di kereta.. tahan dulu sampai surabaya. Kenapa? karna setelah surabaya ada solaria.. yang udah pasti enak. Tapi ya maklum namanya juga di kereta pasti harganya beda dengan harga yang biasanya, yang penting rasanya enak gaes.

Sampai di stasiun tanggul jam 18.00. Kami dijemput sepupunya jendi yang kebetulan kuliahnya di jogja jadi obrolannya banyak tentang jogja dan segala isinya. Perjalan dari stasiun tanggul ke rumah jendi butuh waktu sekitar 20an menit. Setelah ketemu Jendi, Dian dan makan kenyang, aku dan miss ain dianter jendi kerumah yang satunya untuk istirahat. Minggu paginya kita kondangan sampai jam 13.00.. sebenernya belum selesai acaranya itu. Tapi karna mau ke baluran jadi harus cepet-cepet ngejar waktu (maaf ya jen). Dari rumah jendi, kami dianter nyari bus, tapi mampir stasiun tanggul dulu nganterin Tongki dan Arum. Abis dari stasiun tanggul, kita behenti di pinggir jalan gitu terus dicariin bus sama sodaranya jendi.

Sampai di terminal Jember sekitar jam 3 sore, kita ketemuan sama temennya miss ain yang aku lupa namanya… sebut saja masbule. Dari situ kita nanya bus jurusan situbondo ke petugas terminal. Ternyata gak ada bus dari Jember langsung ke Situbondo. Kata petugasnya, kita harus naik angkot jurusan Arjasa setelah itu naik bus kecil jurusan Situbondo. Masuklah kita bertiga ke angkot jurusan Arjasa, waktu kita terbuang banyak disini… angkotnya ngetem lamaaaaaaa bangeeeeettt udah gitu sempet ada pengalihan jalur gitu dan supirnya minta kita bayar dobel gara-gara pengalihan jalur.

Kita sampai di Arjasa jam 16.30, untung sampai sana langsung naik bus dan langsung berangkat busnya. Perjalanan dari arjasa ke terminal situbondo butuh waktu 2 jam. Bisnya kecil tanpa AC, mirip bus jaman sekolah SMA dulu. Sempet hujan agak deras gitu, tapi dalam hati berdoa terus semoga di baluran gak hujan hehe. Akhirnya setelah 2 jam naik bus kecil, sampailah kita bertiga di terminal Situbondo jam 18.45. Kita udah laper banget nih ceritanya, nyari makan dideket terminal. Aku pengen pecel lele, tapi miss ain ngajak makan diwarung mie sama nasi goreng gitu… dan aku udah suudzon duluan, takut gak enak.. tapi ternyata memang begitu rasanya haha. Selesai makan kita mampir ke mini market gitu, beli makanan dan cemilan karna di baluran ga ada kantin yang buka kalo malam.
Setelah itu kita naik bus jurusan banyuwangi (sebenernya busnya jurusan Denpasar gaes, jadi kalo mau bablas ke Denpasar bisa banget). Ini pake ngetem lagi, agak lama gitu.. tapi gak selama angkot tadi. Aku sama mas bule nunggu pak sopir dibawah karena mau masukin ransel-ransel kita ke bagasi. Perjalanan dari terminal situbondo ke gerbang tama nasional baluran butuh waktu sekitar 1.5 jam. Oiya pak kondektur di bus ini tertarik banget sama masbule, tapi gak berani nanya langsung.. jadi aku yang ditanya-tanya hha..

jalan raya depan pintu gerbang
jalan raya depan pintu gerbang
harga tiket masuk taman nasional baluran
harga tiket masuk taman nasional baluran

Kita sampai di gerbang taman nasional baluran gaes! jam sepuluh malam! Molor dari rencana awal kan,,, jelas. Kita langsung lapor petugas yang di pintu gerbang nih, karna udah pesen cottage jadi namaku udah ada disana dan boleh masuk, tapi masalahnya jam segitu udah gak ada ojek yang nganter gaes. Padahal jarak antara pintu gerbang ke pantai bama itu 19KM dan gelap gulita. Akhirnya sama petugas dicariin mobil gitu biar bisa ngangkut kita bertiga langsung. Ini agak mahal ya, 200ribu sekali angkut banyangpun… tapi kita tetep mau karna kita kepepet dan udah capek juga, pengen cepet tidur.

pintu gerbang (photo pas sore sebelum pulang)
pintu gerbang (photo pas sore sebelum pulang)

Perjalanan dari pintu gerbang ke cottage butuh waktu sekitar 30menit. Kita ngelewatin hutan evergreen, yang gelap gulita dan banyak jeglongan yang mirip kubangan gitu (jalan berlubang gede), abis itu kita ngelewatin savana bekol.. di sini ada beberapa cottage juga dan banyak rusa liar, kerbau, burung hantu. Selang 3KM sampailah kita di pantai bama. Setengah sebelas malam kita sampai di pantai bama.
Kalian harus tau gaes, cottage di pantai bama listriknya nyala hanya sampai jam 11 malam dan gak ada sinyal jadi jangan harap bisa live instagram disini haha… Oiya karna kita sampai sini jam setengah 11 malem, kita dikasih listrik sampai jam 12malem jadi bisa mandi-mandi dulu. Aku jelasin cottagenya dulu ya. Cottage yang kita sewa ini harganya 200k per malam. 1 bedroom, 1 bathroom, 2 extra bed, living room. Viewnya langsung pantai bama. Tapi gaes, jangan berpikiran kalo cottagenya senyaman dan sebersih gambar2 cottage diinternet. Kalo aku sih yang penting bisa tidur nyenyak, gak ada ular, gak jorok.

Sempet kemaren waktu mau tidur, tiba-tiba di celah dinding kayu ada hewan nongol dengan kepala segitiga tapi kepalanya doang yang kelihatan. Paniklah aku, miss ain lagi mandi jadi aku manggil masbule trus ditutupin dindingnya sama extra bed haha. Setelah miss ain selesai mandi, aku keluar cottage dan jalan ke penjaga resort bama. Pas keluar ini rasanya seru-seru takut gitu. Jalannya gelap gaes, tapi ada suara mesin kapal yang lagi mancing ditengah pantai sana, suara hewan-hewan juga dan sinar bulan. Lalu aku dan 2 penjaga resort bama jalan balik ke cottage. Ternyata di cottage tadi banyak tokeknya gaes, tapi aku masih ngotot kalo yang dikamar itu ular. Setelah di gedor-gedor dinding kayunya, tetep aja gak keluar. Akhirnya ditutupin lagi pake extra bed, nah tokek yang pada diluar kamar ni diusir keluar cottage sama petugas. Aku sama miss ain tetep tidur didalam kamar, saat aku udah ketiduran keluarlah itu hewan… yang ternyata adalah tokek hahahaha
Lanjut post berikutnya ya gaes, udah kepanjangan..

Leave a Reply

